Kuliah di Jurusan Bahasa Korea itu...

10:10


Sering diremehin.

Jadi, terkadang anak Bahasa Korea itu suka disamain sama remaja-remaja yang suka mewek kalau nggak dapet tiket nonton konser oppars yang senilai jutaan. Duh. Semester pertama dulu aku kuliah, kalau ada yang tanya, "kuliah dimana?" selalu aku jawab, "di Fakultas Ilmu Budaya." Malu? Iya. Awalnya. Soalnya, kalau ada yang tau aku kuliah di Bahasa Korea, pasti sapaannya, "Tisu paseo!" Kan syedih.

Selain itu, dari temen jurusan lain juga sering berkomentar, "Bahasa Korea? Enak tuh belajarnya gitu gitu doang." Padahal sama-sama kuliah, sama-sama ada tugas, sama-sama jadi korban dosen. sama-sama ngemis IP coy. /mendadakcurhat/


Sering dikira nggak nasionalis.

Iya dong. Tontonannya tiap hari kalau nggak oppars ya unnirs. Kalau nggak acara musik korea, Running Man, kalau nggak ya drama Korea. Belum lagi kalau ngomong sama temen satu jurusan, pakai Bahasa Korea mulu nih kadang pake bahasa kebatinan sih, beneran.

Padahal kan kita disini sedang ikut serta dalam pembangunan bangsa dengan cara belajar membatu teman-teman teknik, kedokteran, dan sebagainya menerjemahkan teknologi modern Korea yang ciamik ke dalam Bahasa Indonesia supaya lebih mudah dipelajari dan bisa dinikmati oleh bangsa Indonesia. /nangis/

/ceilah/

Sering dikira langsung bisa nerjemahin.

Sering banget kalau nonton acara TV Korea bareng temen yang bukan dari Bahasa Korea, terus secara kebetulan acara yang kita tonton itu ada subtitle yang hilang, pasti ditanyain, "apaan mon artinya?" Dan kalau kita jawab, "ndak tau nih," pasti dibales, "ah, sombong bener nih. Masa' anak Bahasa Korea nggak tauuu.."

Please, emang lu kira mahasiswa kedokteran langsung bisa ngoperasi? Lu mau dioperasi sama mahasiswa kedokteran?


Tapi..

Bisa punya temen orang Korea!

Nah, nanti, kalau masuk jurusan Bahasa Korea di UGM, kamu bisa ikut Pasific Asia Society. Disana kamu bakal dikenalin dan belajar bersama kakak-kakak Korea. Tapi, nggak ikut PAS pun kamu bakal sering ketemu sama orang Korea, karena nanti akan ada beberapa orang Korea yang bakal jadi dosenmu! Juga, kalau kamu aktif, disekitaran kampus orang Korea itu banyak banget. Diajak kenalan mereka juga nggak rugi kan? Hohoho. Seru ga tuh?


Punya kesempatan dapet beasiswa ke Korea lebih tinggi.

Tau nggak apa perintah pertama dari dosen yang kita dapat waktu pertama masuk Bahasa Korea? Bikin passport. Kalau kamu mahasiswa Bahasa Korea, beasiswa ke Korea itu bukan mitos! Kecuali kalau kamu kuliah ogah-ogahan sih.. kayak aku /nangis/. 

Bisa jadi panitia dari acara yang asik banget!

Pengunjung: "NGGAK MAU PULAANG NGGAK MAU PULAANGG"
Panitia: "PANITIA PULAAANGG PANITIA PULAAANGG"
Bagi K-Popers area Jogjakarta, siapa sih yang nggak tau Korean Days UGM? Setiap tahun, SKKK UGM harus berpusing-pusing karena Pusat Kebudayaan Koenadi Hardjasoemantri kedatangan ribuan anak muda yang dari pagi sampai malam dengan heboh menonton cover dance dan sing ala ala Korea. Sayangnya, yang bisa menjadi panitia dari acara heboh ini ya cuma anak Bahasa Korea UGM nih :)

---

Nah, itu tadi sedikit motivasi untuk kamu kamu yang masih ragu mau masuk Bahasa Korea apa nggak. Terutama yang mau masuk Bahasa Korea UGM nih. Jangan lupa banyak berlatih untuk ujian dan berdoa ya!

Calon kakak angkatan kalian,
Mona.

You Might Also Like

151 comments

  1. Hai, kak. Salam kenal..
    Sebelumnya makasih atas postingannya. Jadi bisa lebih mengenal prodi satu ini. Tahun depan insyaalloh aku akan jadi adik angkatan kakak. Mohon bantuannya, ya kak.
    Oiya, bisa minta cp nya gak, kak? Biar kalo ada yg mau aku tanyain jadi lebih mudah tanyanya..
    Terima kasih, eonni~~ ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. DA HELL. BARU BACA AND YEAH KITA SUDAH SALING KENAL. LOL.

      니가 2015학년 학생이잖아... ㅋㅋㅋ

      Delete
    2. Mbk mona. Kmu punya wa atw bbm?? Q minta nomer wa atw bbm nya donx pliis penting ini.. mslh khidupan seseorang.. ini wa q 089669799655

      Delete
  2. Mau tanya nih ka, dasarnya harus bisa bahasa korea dulu gak ka? Atau syarat/dasarnya harus gimana ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAI~ ^^ untuk masuk ke jurusan bahasa korea nggak ada persyaratan seperti itu. nanti setelah masuk akan akan ada pelatihan khusus untuk baca-tulis hangeul seminggu sebelum masuk kuliah / minggu pertama kuliah. syaratnya cuma lolos snmptn/sbmptn/um. syarat khusus yang aku pernah gugling sewaktu SMA dulu cuma bebas dari buta/tuli/bisu, soalnya nanti kuliahnya ga jauh-jauh dari membaca, berbicara, dan mendengar bahasa korea.

      setauku di Indonesia ada tiga univ yang membuka prodi bahasa korea, UI (S1), UGM (S1 & D3), UNAS (D3) dan aku rasa semuanya kayak gitu. semoga membantu ^^

      Delete
    2. Kalo UGM bahasa korea S1 sampe sekarangkan kak?soalnya aku baca di artikel mana gitu..kalo UGM D3??kk s1 or d3

      Delete
  3. Ohiya ka . Boleh minta personal chat nya ga ka, pengin nanya-nanya ka?makasihhh

    ReplyDelete
  4. Ohiya ka . Boleh minta personal chat nya ga ka, pengin nanya-nanya ka?makasihhh

    ReplyDelete
  5. keren kakk tapi masih bingung yakinin ibu buat ngizinin heuk heuk T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. prospek kerja ya? hahahah lagu lama ituuu ibuku juga awalnya setengah setengah gitu ndukung aku masuk bahasa korea. tapi setelah tau beliau tahu kalau jaman sekarang itu, jurusan itu nggak terlalu dipikirkan sama perusahaan, terutama bank, jadi dukung bgt skrg ^^

      juga nih, sebagai pertimbangan, kamu mengincar apa masuk ke bahasa korea nya? kalau mengincar ke koreanya, mending S1 di fakultas yg ilmunya kamu rasa kamu jago disitu dan masuk ke univ yang ada kerjasama sama univ di korea. kalau rajin cari info, pasti ada yang membuka program exchange untuk 1 tahun atau mungkin lanjut S2 disana.

      soalnya mungkin juga ibumu ga ngizinin karena ngliat kamu pinter biologi, matematika, atau akuntansi mungkin, atau kamu ada potensi di bidang ilmu lain, tapi kamunya ngebet masuk bahasa korea karena suka kpop TT___TT aku juga nyayangin bgt tuh kalo gitu...

      tapi kalau setelah suka kpop kamu jadi tertarik dengan bahasa yang dipakai oppars dan unnirs /lol/ dan kamu bisa nunjukin kalau semangat terus jadi tekun buat tembun ujian masuk, aku yakin orangtua pasti ngrestuin kok. soalnya orangtuaku juga setelah aku masuk bahasa korea yang beliau banggain bukan aku bisa "annyeong haseo"an, tapi beliau bangga aku bisa ngikutin kuliah dengan baik, jarang bolos, dan IP bisa diatas standar dengan penuh perjuangan /duhbaper/ /mianhae/ :')

      sukses! :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Wah Mba Mona emg keren bisa aktif ngeblog dan kuliah. Kalau aku boro2 ngeblog, ngerjain tugas Pak Rio aja mau nangis 😂 Terimakasih mba, berkat Mba aku bisa masuk BAKOR UGM 16. Hayoo mba tau siapa aku gk? Aku anak 탈춤 loh mbaa (yg paling berisik) 😁😁😁

      Delete
    4. Wah Mba Mona emg keren bisa aktif ngeblog dan kuliah. Kalau aku boro2 ngeblog, ngerjain tugas Pak Rio aja mau nangis 😂 Terimakasih mba, berkat Mba aku bisa masuk BAKOR UGM 16. Hayoo mba tau siapa aku gk? Aku anak 탈춤 loh mbaa (yg paling berisik) 😁😁😁

      Delete
    5. .............................. NDAK AKTIF NGEBLOG LAGI INI GEGARA BAPAK DOSENMU TERCINTA..........

      MOGU?

      LOL

      (KAYAKNYA SIH BUKAN)

      Delete
    6. Iya po? 😂😂😂😂😂 Maafkan dosen kita yg satu ini mba wkwkwk 😂😂😂 Iya mba~ Aku si Mogu Mogu istri Jeon Jungkook kkk~ Nggak nyangka takdir ini mempersatukan kita mbak, siapa sangka aku jadi Hubae mba beneran wkwkwk 😄😄😄

      Delete
  6. Jurusan bhs korea di ugm udh gk ada yg D3 yah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh masih adaaaa cuma untuk masuk ke D3 ugm cuma bisa lewat UM UGM, makanya mungkin waktu daftar SNMPTN / SBMPTN bakal nggak muncul :')

      Delete
    2. Kalau UM UGM itu maksudnya gimana kak?

      Delete
  7. kak boleh minta personal chatnya gak kak , plisss pengen tanya tanya nih kak !!!

    ReplyDelete
  8. Halo, Kak! Salam kenal ! Insya Allah bakal jadi calon adik angkatan kakak nih ㅋㅋㅋ Dulu kakak masuk lewat snmptn kah atau sbmptn kah atau Utul kah ? Terus terus terus...korea UGM sama UI bagusan mana ya kak? Doain ca. adikmu ini yg sedang berhadapan dgn serangkaian ujian diatas, ya ! ^-^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAI! sori baru liat ;;;A;;; semoga ga jamuran ya nunggu balesannyaa ㅋㅋㅋ aku dulu masuk lewat sbmptn. waktu tahunku, aku nyicip semua jalur masuk dan alhamdulillah ya tembus sbmptn :"

      UGM atau UI? aku kuliah di UGM tapi aku gaakan boong, bagus UI, kalau nglihat hitam diatas putih. tapi untuk ilmu, prospek kerja, kesempatan ke korea, sori, gabisa bandingin karena aku gatau sama sekali tetang kondisi belajar mahasiswa UI ^^

      SEMANGAAATT! yang akan sukses adalah yang berusaha! :)

      Delete
    2. halo lagi Kak !! Makasih udh jawab comment aku :)) Aku gagal jadi hoobae kakak hikss.. Sekarang aku tetep di bahasa korea, tapi di UI hehehe. Salam kenal ya, Kak ! Makasih semangatnya <3 <3

      Delete
    3. kak... dulu masuk ui sastra dan budaya koreanya lewat jalur apa ya kalau boleh tau? sama kalau anak ipa boleh nyari jurusan soshum enggak snmptnnya?

      Delete
    4. Hai amanda ! Aku keterimanya lewat jalur simak reguler hehehehe.. Dan aku anak ipa juga loh.. Buat snmptn sih boleh nyebrang, tp agak berat bersaing sama anak ipsnya.. karna nilai ipa kita bakal di courting gitu ㅠㅠㅠㅠ So, saranku persiapin buat ujian tulis sajaa!! 화이팅!

      Delete
    5. hai kakk, kalo ppkb ui aku mau pilih bkkui peluangnya keterimanya lebih besar dari snm ga kak? aku soalnya mau nyoba ppkb pilih bkkui. Oh iya aku ipa kak hehe

      Delete
  9. Hallo kak. Saya mahasiswa ilmu komunikasi tapi tahun ini mau coba sbmptn lagi dan mau pilih sastra koreanya UGM, boleh nanya soal perjuangan kakak masuk kuliah? Kakak emang maunya di sastra korea atau gimana? Terus masuknya melalui snmptn/sbm/utul? Cara belajar kakak bgmn? Soalnya sulit ngatur waktu buat belajar sbm sm kuliah kak

    ReplyDelete
  10. hai kak mau tanya
    kalo misalnya kita milih jurusan bahasa korea, terus nanti kalo udah lulus kita bisa jadi apa aja ya? selain guru? soalnya ibu aku agak ragu gitu.
    makasih^^

    ReplyDelete
  11. hallo kak, aku mau tanya ni, kalo mau masuk sastra korea harus IPA atau IPS? dulu kakak dari IPA atau IPS? oh ya kak kalau boleh aku minta CP kakak buat tanya2. mekasi ��

    ReplyDelete
  12. Hallo kak! Salam kenal, ak sellyn dr sman 7 jogja. Aku ips, dan sebenernya ak dah suka bgt sm semua ttg korea, maksudku ilmu dan budayanya hehe. Ak skrng kls 3, dan masih dlm rencana slh satunya utk masuk di bahasa korea ugm. Ak bener2 setuju sm yg dibilangin kakak di artikel td, sbrnya ak masih bingung sana sini. Tp kak, ak mau bertanya,rasanya masuk dan belajar di jurusan bahasa korea tuh gmn kak? Gamsahamnida!

    ReplyDelete
  13. Halo kakaaak^^ aku lagi kepikiran nih pgn ambil jurusan sastra budaya korea ini. Kakak masuk nya lewat sbmptn kan ya? Mata pelajaran yang diujikan apa aja kak? Terus juga mata pelajaran yng perlu diperhatikan nilai nya supaya bisa masuk lewat snmptn apa aja? Gamsahamnida unni^^

    ReplyDelete
  14. Cukup termotivasi sma nuna��.nuna udh smester brp?trus mata kuliah yg di pljrn ap aj d jurusan korea?dulu pertama masuk udh bsa bhsa korea atau sma skali gak bisa?kamsahamnida��

    ReplyDelete
  15. halo kak rencananya saya ingin kuliah di jurusan bahasa korea di UGM tahun depan karena tahun ini semuanya ga ada yg lolos tes satupun. kakak masuk lewat jalur apa? kalo sbmptn peluanggya banyak ga ka tahun depan? kalo utul peluangya banyak ga kak? please reply kak^^

    ReplyDelete
  16. unnie, boleh minta id line/whatsappnya? mau tanya22 hehe

    ReplyDelete
  17. Untuk tambahan info saja, saya sebagai orangtua yg kebetulan anak saya diterima dijurusan ini th 2016, awalnya juga bingung akan diapain dan menjadi apa anak saya?, Ketika pertemuan ortu dan pihak fakultas, saat penerimaan mhsiswa baru, hal ini saya tanyakan, dan jawaban dari jurusan bhs korea diantaranya adalah sbb :
    1. Th 2016 ini Jur.bhs Korea, 1 diantara 4 peminatan tertinggi di FIB UGM , setelah Pariwisata, bhs Inggris, bhs Jepang ( seingat saya)., lumayan favorit.
    2. Th 2016, yg diterima 38 mhsiswa.Persaingannya sbb,, bila di UGM tertinggi 1: 179 terendah 1: 49, jur.bhs Korea berada pada 1: 90-100, Artinya, 1 orang harus bisa mengalahkan 90-100 an pesaingnya.Jangan pesimis, bila banyak nilai bagus, kemungkinan akan ditambah daya tampungnya, spt jur.Pariwisata yg menerima mhsw 2 kali lipat daya tampungnya, karena banyaknya peserta test yg nilainya bagus, pihak UGM tidak sampai hati menelantarkan calon mhsiswa yg pandai, salut untuk UGM.
    3. Mhsiswa akan dibekali dg pengetahuan dan bhs korea,spt pengenalan huruf, cara menulis, berbicara yg dosenya dr Korea.Selain juga mata kuliah lokal yg umum.
    4. Bila dalam 2 tahun pertama tinggi, kemungkinan mhsiswa tsb, dapat menyelesaikan kuliahnya di Korea gratis dg bea siswa.
    5. Tawaran bea siswa lainya banyak ditawarkan.
    6. Lulusannya tidak ada yg menganggur, sebalinya banyak perusahaan yg indent di jurusan ini.
    7. Perihal passport, kak Mona itu benar, anak saya juga nanyain passport.


    Itu dulu tambahannya

    ReplyDelete
  18. kak boleh minta kontaknya?
    bisa jd buat motivator nih kak please ��

    ReplyDelete
  19. Duuhh greget deh baca artikelnya kaka tentang jurusan bahasa Korea. Banyak yg aku pengen tanyain ke kaka deh. Ka,boleh minta cp nya gaa? Pengen kepo2in kaka, soalnya aku berminat sama jurusan ini :" Thankss ka :)

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Aku datang dikorea sebagai pekerja. Setiap hari sabtu~minggu diberi ijin oleh perusahaan untuk bisa mengikuti pelajaran Sastra & Budaya Korea. Masing2 pertemuan selama 6jam. Materinya ada Grammar, menulis( 받아쓰기) membaca, mendengar, dan yang paling menyenangkan tentang Budayanya. Dosen langsung orang korea. Monggo yang ingin sharing seputar bahasa korea. BBM 562BA1C1

    ReplyDelete
  22. kakk, aku mau nanya nih. aku kan orang bandung. rencananya mau ke saskor ini. lokasi aku yg dibandung ini mempengaruhi ga sih buat aku pengen masuk ke fak ini? 고마워요 언니!

    ReplyDelete
  23. halo kak... pertama-tama makasih atas infonya, dan ini sangat membantu ^^
    kak, mau tanya nih, kalo saumpamanya udah lulus s1 jurusan sastra korea, nanti bisa gak kalau (saupamanya) keterima s2 di korea tapi gak ngambil jurusan bahasa korea lagi? maksudku, di indo kan udah sastra korea, nah ntar dikoreanya ngambil jurusan yg beda, mungkin ekonomi atau apapun itu, bisa gak ya?
    aku jatuh cinta kak *cieee* sama bahasa korea, tapi ibuku belum merestui T_T
    terima kasih kak,

    ReplyDelete
  24. ini yang aku cari2 selama ini. semoga diri ini bisa jadi hoobaemu tahun depan nanti kak mona. mohon doanya...

    ReplyDelete
  25. Huhuhu.. infonyaa sangat membantu kakkk:3 Makin semangat buat jadi mahasiswa jurusan Bahasa Korea UGM:3 Semoga tahun depan bisa jadi hoobae kak Monaaaa:3

    ReplyDelete
  26. Kak, boleh minta personal chat ga? Mau tanya2~ pleaseeee~

    ReplyDelete
  27. Kak aku kemaren baru ke UGM bwt study campus..ps tau ada jurusan BaKor aku pngn banget masuk..Aku pengin.a kuliah/kerja tuh yg bikin aku enjoy ngejalanin.a 😊😊😊 aku kn dah 6thn an sbg kpopers & aku dah bisa sedikit" hangul,,ya wlopun masih gagap sh,,maklumlah nama.a juga cmn belajar otodidak lewat internet..Syukur" tembus smptn AMINN 🙏🙏🙏 tp kira" klo ikut sbmptn test.a mapel apa aja ka..??

    ReplyDelete
  28. kak tahun 2016 UGM gaada nerima maba kan buat satra korea? kalo tahun 2017 gimana?

    ReplyDelete
  29. Kaka'..numpang iklan y. Kalau ada teman yang bisa, minta tolong segera.

    Dibutuhkan segera karyawan untuk Guide/Asisten orang korea di PT. INDELKO, perusahaan yg bergerak di bidang Fashion Jewelry. Kami berlokasi di Pradan, Prambanan, Klaten.
    Syarat utama :
    1. Lancar berbahasa Korea
    2. Bisa bahasa Inggris
    3. Umur max 25th
    4. Penampilan menarik
    Lamaran dpt dikirimkan by email ke indelko21@yahoo.com.
    Informasi lebih lanjut silahkan hubungi no 085100552828.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  30. kak mau tanya dong :) kalau misal aku ikut snmptn sastra korea di ugm, tp aku jurusan ipa.. bisa lintas minat ke soshum enggak?? soalnya aku baca di web ugm, sastra itu masuknya ke soshum :(

    ReplyDelete
  31. Kak bener nggak sih tahun ini bahasa korea ugm mau ditiadakan gara2 kurang dosen??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bener ^^ tahun ini prodi yang tidak menerima maba alias ditiadakan di ugm itu D3 bahasa korea. *kurang jelas sih kenapa* tapi sedangkan untuk S1 bahasa korea masih adem ayem.

      dan kita emang kekurangan dosen :')) makanya prospek dosen bahasa korea disini itu... uwaaaahhh......

      Delete
    2. Bantu Mba Mona jawab deh.. katanya sh mba ditiadakan karena akan dibuat prodi D3 bahasa asing, jadi D3 Bakor melebur disana gitu mba~ ㅋㅋㅋ

      Delete
  32. Kak bener nggak sih tahun ini bahasa korea ugm mau ditiadakan gara2 kurang dosen??

    ReplyDelete
  33. Kak mau tanya.. Kalau lulus sastra korea itu nanti kerjanya apa ya?

    ReplyDelete
  34. Halo kak salam kenal
    Aku masih kls 12 nih kak, aku pingin banget masuk bahasa korea tapi aku cuma baru modal minat sama korea blm tahu bngt ttg hangeul dll,. Apakah kalo masuk bahasa korea itu diajarin bahasa korea dari 0 atau bagaimana kak?
    Kalo terus persiapan apa aja kak kalo pingin lolos di bahasa korea ugm, selain belajar ?:-)^_"
    Terima kasih kak,,

    ReplyDelete
  35. Annyeong eonniii^^ aku mau tanya nih, Bahasa Korea FIB UGM memperbolehkan jurusan ipa ips utk pendaftar SNMPTN atau ips aja? Mohon infonya ya. Gamsahamnida

    ReplyDelete
  36. Hi kak, mo nanya nih sehabis lulus dari jurusan bahasa korea nanti kerjanya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi apa aja dooonggg. penerjemah, dosen, peneliti, pemandu wisata, penulis, dan masih banyak lagi. gaada bedanya kok sama jurusan lain. yang penting passion kamu dimana :)

      Delete
  37. Halo kak, aku masih kelas 12 dan aku pengen tanya2 ke kakak soal jurusan bahasa korea, boleh minta cp nya ga? Biar bisa yakinin ke keluarga kalo bahasa korea itu gabisa dipandang sebelah mata

    ReplyDelete
  38. Kak mon suasana kuliah di jurusan bahasa korea itu gimana ? Kelasnya sepi atau rame ? seru nggak ? hehehe

    mian kalau nanya nya banyak.. Soalnya aku rencana snmptn bahasa korea di ugm, jadi biar tau tuh gimana nanti di sana

    gamsahamnida:) XOXO

    ReplyDelete
    Replies
    1. o rame bangeeeeetttt bahasa korea itu di FIB terkenal sama ke-rame-annya. kalo kamu ke FIB UGM dan liat ada segerombolan cewe berisik, teriak ga kontrol volume, udah, itu 99% kemungkinan anak bahasa korea wkwk

      Delete
  39. Sore kaakk, aku rencananya pengen masuk UGM jurusan bakor. Mau nanya nih kak, dulu wktu masuk pertama kakak bayar uang gedung ngga? kalo iya berapa kak? Ortu aku masih mempertimangkan buat biaya masuknya kak. Tolong dijawab ya kaaakkk. Tengkiyu kakak cantiiiikkkkk :))))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. maleeemm heheh maaf ya telat bales :"))
      angkatanku (2013, iya udah tua hehe) adalah angkatan pertama yang pembayaran kuliahnya menggunakan sistem UKT, Uang Kuliah Tunggal. sistem ini membuat kamu harus membayar sejumlah uang yang sama setiap semesternya, tergantung penghasilan perbulan orangtua. Dasarnya, dalam UKT tidak ada uang gedung KECUALI kamu masuk melalui jalur UM. kalau tidak mau ada uang gedung, ya masuk lewat SNMPTN/SBMPTN. semangat! pasti bisa kookk
      aku ga begitu tau patokan 'uang gedung, tapi kalau kamu terpaksanya nanti masuk lewat UM dan kena uang gedung, temen seangkatanku dulu bilang dia kena uang sekitar 20an

      Delete
  40. Mona unnie~ Mau nanya dong.. Aku kepengen banget nih masuk jurusan bahasa korea.. Kepengeeennn banget.. Orang tua juga akhirnya udah ngizinin.. Tadinya rencana mau ikut lewat snmptn, tapi masalahnya aku kan prodi ipa, ada yang bilang bisa ikut lewat jalur snmptn, tapi ada yang bilang gabisa juga.. Sebenernya yang bener yang mana ya? Kalo enggak bisa, yang buat sbmptn nya itu yang dites apa aja?? Terus kira kira peminatnya banyakan di ugm/ui?
    Makasih.. Maaf pertanyaannya banyak banget ㅋㅋㅋㅋ

    ReplyDelete
    Replies
    1. BISA. karena jamanku dulu ada anak IPA daftar SNMPTN masuk sastra perancis. semoga kebijakannya ga berubah yaa :")
      kalo SBMPTN kamu bisa masuk pakai tes IPC / Ilmu Pengetahuan Campuran. jadi kamu harus belajar sosiologi, geografi, ekonomi, akuntansi lagi :") tapi aku herannya anak IPA banyak juga tuh yang masuk lewat jalur ituu. emang dasarnya kalian anak IPA emang jenius :")
      untuk peminat aku rasa sih UGM. jamanku dulu Bahasa dan Kebudayaan Korea UI itu adalah prodi yang passing gradenya paling rendah di UI. tapi itu kan beberapa tahun lalu siapa tau udah melambung skrg. ehehehe

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Kak, mau nanya di ugm jurusan bahasa korea sama pariwisata mending mana ?
    Butuh sarannya

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo antara jurusan bahasa korea dan pariwisata di fib ugm sih menurutku sama aja 'mending'nya. soalnya sama-sama masih baruu, masih kekurangan dosen dan sebagainya wkwkwk
      untuk biaya kuliah juga setara (kalau ga salah. soalnya UKT-ku sama UKT anak baru udah beda nominal)
      dua-duanya juga terkenal punya link kerjasama yang bagus dan banyaaaakkk banget buat ke luar negeri. tapi ya bahasa korea ya cuma terbatas di korea selatan. hehehe.
      kalau untuk perkuliahan, kebetulan temen aku ada yang masuk pariwisata ugm dan aku sendiri pernah ikut kuliahnya anak pariwisata, jadi bisa ngasih bayangan dikit.
      kuliah di pariwisata itu kayak kuliah beneran. dikasih topik, permasalahan, banyak kerja kelompoknya, dosen pas ngajar ya cuma membimbing mahasiswa kalo melenceng.
      kalo di bahasa korea itu masih kayak sekolah karena soalnya mahasiswanya bener-bener dituntut bisa bahasa korea jadi kalau kayak pelajaran SMA ya macem pas pelajaran bahasa asing di sekolah gituu. ngapalin kosakata, bikin kalimat, disuruh ngomong pake bahasa korea, dsb.
      jadi tergantung kamu suka yang kayak gimanaa kan pasti banyak pertimbangan lainnya juga kan? :)

      Delete
  43. Hai kak mon. Kak aku kan suka banget nih kak sama korea,mulai dari bahasa,orangnya,budayanya,dramanya,lagunya,variety shownya,dan lain-lainya pokoknya suka semua deh kak. Aku mau nanya-nanya banyak bangeeeeet nih kak. Boleh minta cpnya ngga kak?

    Maaf kak kalo mengganggu dan merepot kan. Makasih kak^^
    감사합니다😊 ㅋㅋㅋ sok korea gitu😂

    ReplyDelete
  44. Halo kak mau nanya nih. Aku rencananya mau daftar bahasa korea di ugm nnti snmptn tahun ini. Tapi aku itu orang sulawesi selatan. Kira2 peluangnya untuk di trima di ugm gimana tuh kak? Mohon dijawab yah kak hehe. Makasih��

    ReplyDelete
    Replies
    1. LAAAHHH TEMENKU KEBANYAKAN DARI LUAR JAWA TENANG AJAA

      SUKSES! 😘

      Delete
  45. Iya kak. Makasih buat sarannya :)

    ReplyDelete
  46. 아녕......
    Kak mau tanya kalo mau masuk bakor ugm nilai rataan minimalnya berapa ya? Trus kk pas kuliah ngekost apa asrama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm nilai apa nih? kalau snmptn gabisa jawab yaa itu tergantung sekolah sama nilaimu hehehe
      kalu nilai test passing grade bakor terakhir kalau ga salah 40
      aku asli jogjaa hehe tapi ugm menyediakan asrama, kalau kamu masih takut ngekost. kalau ga salah buat setahun siihh. ntar setahun pasti kamu udah punya temen dan bisa ngekost atau ngontrak brg kan? hehe semangaatt~

      Delete
    2. Iya kak, aku udh finalisasi snmptn kak, trus pilihan pertama aku bahasa korea ugm... ☺ oiya kak kalo asrama itu mulai bisa ditempatinnya biasanya bulan apa buat maba?

      Delete
  47. Maaf ya kak, aku baru buka blognya kakak sekarang. (Aku mau reply comment kaka ngga bisa jadi aku new comment lagi) Makasih kak buat infonyaaa. Doain ya kak bisa lulus snmptn atau sbmptn, biar jadi hoobaenya kaka hehe. Aku mau nanya lagi nih kak, aku ini kan anak smk kira-kira peluang masuknya banyak atau dikit ya kak?? Makasihh kakaaakkk

    ReplyDelete
  48. Kak mona aku mau nanya dong, aku lulus tahun ini, nah aku smk jurusan pariwisata di bali tapi pengen lanjutin sekolah bakor di ugm kira kira kalau lewat jalur snmptn bisa ga ya? Atau kalau lewat sbmptn kira kira yg di test itu materi apa aja? Dan jurusan bakor ada ekstensi nya gak kak? Soalnya aku pengen sambil kerja gitu'-'

    ReplyDelete
  49. Kak, aku kan aku ini orang cirebon aku sekolah bukan di SMA tp di SMK jurusan Administrasi Perkantoran. Dan aku lulus tahun depan'-'Kak aku kepingin kuliah sastra korea ugm apa bisa masuk? Kalao aku sekolah di smk? Trs ikut tes apa ya kak?)): Semoga kaka sempet bales pertanyaan ku^^ makasih sebelumnya kak^^ditunggu balesannya wkwk

    ReplyDelete
  50. Kita senasib. Aku alumni sastra Jepang Unhas...diremehin iya, dianggep mata kuliahnya gmpang gak kyak teknik atw kedokteran pkoknya dibandingin sm yg jrusan eksact. Waktu bru jdi mahasiswa sastra jepang aku pernah ditanyain. kuliah di mana? Unhas, Jurusan apa? Sastra. Oh gampang...aku yg denger langsung, what?
    anak sastra Jepang tontonannya gak jauh-jauh dari dorama, anime de el el, terkadang kalo ada yang liat aku nonton anime dbilangin kyak anak kecil nonton kartun...hadeuuuhh, mrka gak tau aja Genre untk anime djpang itu bnyak bnget dan penontonnya pun dibgi dr segi umur dan jenis kelamin, gak kayak d Indonesia yg notabene kartun dtujukan hanya untk ank2. pokoknya hampir semua poin di atas sama kayak nasib anak sasjap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang kerja sastra jepang dimana kak? Minat masuk sasjep tapiii ya itu diragukan sama orangtua :(

      Delete
  51. Hai kak mona ....
    Aku mau tanya nih kak .... Aku anak SMK teknik , dan pengen banget masuk jurusan bakor ,, kira2 peluang untuk lolos itu besar gak yah? soalnya anak SMK sering diremehin klo masuk PTN .

    ReplyDelete
  52. Kak kira2 biaya kuliah ngambil jurusan sastra korea di UGM brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ugm sekarang pakai sistem ukt, jumlah yg harus dibayar sesuai gaji orangtuamu dan alhamdulillah bahasa korea relatif murah dibanding jurusan lain. kalau angkatanku rentangnya 500rb-7jt. skrg udah naik.. tapi kalau kamu berasal dari keluarga kurang mampu, tanpa harus berprestasi bgt kamu bisa mengajukan bidikmisi, bisa kuliah gratis, malah dapet uang saku. hehe

      Delete
  53. Kak saya calon lulusan tahun ini. Bismillah saya milih s1 bahasa korea di UGM. Tapi saya takut jika hal yg tidak diinginkan terjadi karena saya dari luar jogja dan dari sekolah saya hanya ada satu alumni udah bertaun taun yang bisa tembus UGM. Mau tanya kak persaingan di bahasa korea UGM itu ketat tidak? Saya bener bener pengen masuk bahasa korea UGM kak. Makasih 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa takuuuttt? temen2 ku malah kebanyakan dari luar jawa, yang dari jogja bisa bisa diitung jari pake satu tangan. hehehe.
      sekolahku dulu pinggiran dan aku anak pertama yg masuk ugm setelah beberapa tahun lho :''
      semangat ajaaa
      semoga membantu~ fighting!!

      Delete
  54. mbak susah banget gak sih di jurusan b.korea?
    pingin banget sih sebenernya tapi kalau susah banget msih mikir dua kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah ga susah. hehehe. pelajaran bahasa di sekolah gimanaa? kalo kamu paham pelajaran bahasa indonesia atau bahasa inggris minimal bisa ngikutin kok ^^

      Delete
  55. Kak, aku pengen tanya, passing grade snmptn bakor di ugm itu emang tinggi banget ya? Makasih kak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya baru bales ;;A;;
      udahh aku bales sih diatas

      waktu jamanku masih agak di tengah / agak bawah, tapi kayaknya makin tahun makin naik deh ehehehe

      Delete
  56. kaaaaak doain aku yaaa bisa masuk bakor ugm tahun ini jalur snmptn~~~ deg degan niiiihhhhhㅠㅠ

    ReplyDelete
  57. kaaak mau tanyaa, aku kan dr ipa, kl ikut sbm kan pasti abil ipc yaa, tapi kalo ikut um nya itu testnya sama kyk sbm?? ada pelajaran ips nya juga kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa semua IPC ada pelajaran IPSnyaa
      namanya juga capuran hehe

      Delete
  58. @Eritrina's world boleh minta akun privat nya ga mau nanya nanya nih ^^

    ReplyDelete
  59. @Eritrina's world boleh minta akun privat nya ga mau nanya nanya nih ^^

    ReplyDelete
  60. Udah finalisasi snmptnku kan dan pilihan pertamaku bahasa korea hehe doain yah kak smoga bisa jdi junior kakak hehehe❤️

    ReplyDelete
  61. Kak minta akun sosmed yg bisa pc dong(ig mungkin)

    ReplyDelete
  62. Helo kak,aku siswa dari sulsel nih. Dan namja or laki2. Insya allah tahun ini bisa masuk dan keterima snmptn di bakor ugm. Kira2 aku bisa masuk ngga? Secara sayakan namja nih... karena biasanya yeoja kebanyak keterima.

    ReplyDelete
  63. Terakhir kali ngecek web ini tgl 25 juli 2016, dan makasih banget kak mona buat balasan utk yg berkomentar, krn membuatku semakin yakin sm prodi yg bakal kuambil yaitu bakor ugm. Ternyata yg minat banyak juga, dan daya tampung snmptn thn ini 12 org, smg kita semua bs lolos dan diterima prodi ini lwt berbagai test yg ada. Makasih ya kak mona buat info2nya. Sukses sll

    ReplyDelete
  64. Hai kak boleh minta personal chat, mau tanya tanya nih
    Makasih

    ReplyDelete
  65. Wah menarik sekali ya eonni , jadi kepengen kuliah di jurusan bahasa korea UGM , tapi apa daya aku yang dari surabaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. laaahhh kenapa? temenku banyak orang jawwa timur lhooo
      madura, bojonegoro, lamongan, magetan

      mana lagi tak sebut nih wkwk

      Delete
  66. Wah makin termotivasi baca inii😍😍
    Btw kak, aku tadi liat di salah satu komen kakak yg bilang kalo jurusan korea di UI lebih bagus dibanding di UGM? Kenapa menurut kakak begitu? Aku penasaran aja karna yg ku tau akreditasi jurusan korea di UGM bukannya lbh bagus dibanding UI?

    ReplyDelete
  67. Wah makin termotivasi baca inii😍😍
    Btw kak, aku tadi liat di salah satu komen kakak yg bilang kalo jurusan korea di UI lebih bagus dibanding di UGM? Kenapa menurut kakak begitu? Aku penasaran aja karna yg ku tau akreditasi jurusan korea di UGM bukannya lbh bagus dibanding UI?

    ReplyDelete
  68. Kalau unas itu bagus engga? Akreditasinya apa?

    ReplyDelete
  69. Halo ka mau nanya , kalau di juruan bakor sendiri namjanya banyak gaa makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo di bakor semakin lama namjanya makin banyak koookkk
      terakhir angkatan 2016 punya 3 cowo hehe

      Delete
    2. Halo mbak, aku mau tanya jurusab bhs korea. Boleh minta nomor WA nya???

      Delete
  70. kak mau tanya dong, bener ga sih d3 korea tahun ini ga ada? soalnya aku cek di webnya ga ada ada prodi bahasa korea huhu. makasih

    ReplyDelete
  71. Kak... klo ujian masuk ke ugm harus di jogja ya... gk bisa lewat internet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah? siapa yang bilang? mungkin yg kamu maksud ujian mandirinya ya?
      ujian mandiri bisa kok di kota2 besar yang ditunjuk UGM buat ngadain UM UGM. coba cek website UM UGM ^^

      Delete
  72. Kak mau nanya,kakak jurusan ipa atau ips waktu SMA nya trus kakak kan kemaren lulus di ugm bakor melalui sbmptn jadi itu soal nya susah" gak kak? Soalnya aku SMA nya IPA kak. Makasih kak ~

    ReplyDelete
  73. Kak mau nanya,kakak jurusan ipa atau ips waktu SMA nya trus kakak kan kemaren lulus di ugm bakor melalui sbmptn jadi itu soal nya susah" gak kak? Soalnya aku SMA nya IPA kak. Makasih kak ~

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  76. Siang kak, mau tanya soal jam pelajar ada jam sore/malam tidak ? Terima kasih nuna mona. ��

    ReplyDelete
  77. Tanya lagi kak, ada siswa lk tdk. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, jurusan bahasa korea tiap tahunnya sangat minim mahasiswa laki2 😂

      Delete
  78. Kak, ada yabg jual buku kayak gitu gak ya? 😂😂😂 kayak yang di gambar 😂☝

    ReplyDelete
  79. ingin PC an kak.. mau nanya2..

    ReplyDelete
  80. Sebenernya aku masih kelas 8 menuju kls 9 dan udah mikirin mau sma jurusan apa dan kuliah jurusan apa. Untuk sma aku bingung mau ipa atau ips kalo ipa kan ada fisika kimia secara aku males ngehitung kalo ips hafalan? Aku bisa sih hafalan kalo aku diniatin. Kalo di aku sih sebenernya apa² bisa kalo diniatin kalo males sampe kpnpun gabakalan bisa. Aku sedari dulu udh mikirin masa depan kak hehe. Jadi bingung nih aku mau masuk kuliahnya di pariwisata, sastra inggris/korea. Aku itu bisa bahasa inggris dikit² nggak semua. Aku bisa bahasa inggris dari lagu biasanya dan bahasa korea dari drama korea atau lagu juga. Btw aku juga tinggal di jogja kak. Dan ya, aku bingungnya disitu, aku bingung bakor itu nantinya pembelajarannta gimana apakah ada hitung²annya? Ujiannya gimana? Kerjanya bisa ke korea enggak? Karena aku mikir masa depan terlalu kedepan kak😁 kalo smk aku mungkin bakalan pilih pariwisata tp ibu aku ga ngebolehin smk krn aku males²an dan milih masuk ke sman 10 dmn sepupu aku juga alumni sana. Sma pun dilema antara ipa atau ips tp setelah ini kayaknya ips aja krn dari kls 8 hampir setiap mapel ips ada aja hafalan nya. Sekolahku penuh hafalan soalnya hehe. Mohon bantuannya kak:))

    ReplyDelete
  81. Sebenernya aku masih kelas 8 menuju kls 9 dan udah mikirin mau sma jurusan apa dan kuliah jurusan apa. Untuk sma aku bingung mau ipa atau ips kalo ipa kan ada fisika kimia secara aku males ngehitung kalo ips hafalan? Aku bisa sih hafalan kalo aku diniatin. Kalo di aku sih sebenernya apa² bisa kalo diniatin kalo males sampe kpnpun gabakalan bisa. Aku sedari dulu udh mikirin masa depan kak hehe. Jadi bingung nih aku mau masuk kuliahnya di pariwisata, sastra inggris/korea. Aku itu bisa bahasa inggris dikit² nggak semua. Aku bisa bahasa inggris dari lagu biasanya dan bahasa korea dari drama korea atau lagu juga. Btw aku juga tinggal di jogja kak. Dan ya, aku bingungnya disitu, aku bingung bakor itu nantinya pembelajarannta gimana apakah ada hitung²annya? Ujiannya gimana? Kerjanya bisa ke korea enggak? Karena aku mikir masa depan terlalu kedepan kak😁 kalo smk aku mungkin bakalan pilih pariwisata tp ibu aku ga ngebolehin smk krn aku males²an dan milih masuk ke sman 10 dmn sepupu aku juga alumni sana. Sma pun dilema antara ipa atau ips tp setelah ini kayaknya ips aja krn dari kls 8 hampir setiap mapel ips ada aja hafalan nya. Sekolahku penuh hafalan soalnya hehe. Mohon bantuannya kak:))

    ReplyDelete
  82. Kak mau nanya.. Kalo ambil bahasa korea kan kebanyakan nantinya jadi translator. Kalo mau Mau jadi translator mendingan ambil d3 atau s1? Terus kalau misalkan lulus nanti peluangnya apa aja ya selain translator

    ReplyDelete
  83. Kak klo mau masuk sbmptn/snpatn jurusan bakor di ugm atau uidiliat juga ya akreditasi sekloh. Klo sklhnya akreditasinya rendah ada harapan ga kak bisa masuk?? Tolong jawab donk. Aku pengen banget masuk jurusan bakor

    ReplyDelete
  84. 안녕하세요!! 언니 반가워요! 저는 boyolali에서 왔어요, 고등생이에요. 제 나이는 17살이에요. 사실은 한국에 배우고 싶어서 한국말로 공부를 많지만 아직 저금 알아요ㅠㅠ...
    kak klo ngambil saskor ntar lulus bisa ngapain aja ya...? msh ragu milih saskor, jadi yyy.... tp pengen bgt kak~ 페메해주고 연락해줘요~! 이것은 제 페부인데 : 박재인[ZeyPark] 음......혹시 What's app 있어요??
    대답해주세용!>< 감사합니다!!!

    ReplyDelete
  85. Kak, btw untuk tugas dan skripsi nnt pake hangeul nggk?
    Btw bisa minta no wa nggk? Pgn banget masuk jurusan itu :)

    ReplyDelete
  86. Mona Eon aku mau nanya kak . Yang Bisa masuk ke jurusan BAKOR itu cuma anak SMA kak ? SMK/MA bisa ga kak ?

    ReplyDelete
  87. Kak kalo peluang untuk petukaran pelajar kira kira di angkatan kakak ada berapa orang ya yang masuk?

    ReplyDelete
  88. Kak ini jurusan bakor UGM jenjangnya apa ya? S1 arau D3?

    ReplyDelete
  89. Line punya eonni mona udah gak aktif iya?

    ReplyDelete
  90. Kak boleh bagi cp nya ga? Aku mau tanya2 seputar jurusan bakor. Please kak help me 🙏

    ReplyDelete
  91. hai kak... Salam kenal. Jadi gini, kak. Aku sekarang kelas 12. awalnya aku nggk direstuin sama ortu karena kuliah bahasa apalagi korea. Yaahh... karena prospek kerja. Tapi alhamdulillah, kemarin lusa ayah entah kenapa nyetujuin. Aku mau tanya kak. Gimana bisa tau klo itu adalah passion kita atau bukan. Aku udah liat komen yang sebelumnya dan baca balesan kakak, itu nyinggung, kalau masuk karena kpop doang, kasian. Nah gimana bisa tau kalau kita masuk bukan karena kita suka kpop?

    Cuman alhamdulillah sekarang bisa nulis sama baca hangeul. Meskipun terbata-bata dan itu hasil belajar sendiri dari kelas 7 smp.

    ReplyDelete
  92. Kak. Kaka kan masuk pake jalur sbmptn nih. Yg dites tuh mata pelajaran biasa kan ya? Trus juga waktu tes sbmptn ada mapel yg susah gak sih kak?? InsyaAllah saya bakal jadi adek kls kakak tahun 2019 nanti amin

    ReplyDelete
  93. Kakk,dulu kaka jurusan SMA nya apa?
    Aku kan jurusan SMA nya IPA nahh rugi ga sih kak klo ambil jurusan kuliahnya bakor(?)

    ReplyDelete
  94. Kak mau tanya nih , maaf banget
    Temen" kakak ada yang dari madura gak sih? Klok ada madura mana dan bisa dihitung pakek jari gak?

    ReplyDelete
  95. ka monaa aku mau nanya dong, emang kalo mau masuk sastra korea harus bisa bahasa inggris ya ka?

    ReplyDelete
  96. Kak saya mau nanya nih. Saya tertarik untuk masuk jurusan bahasa korea,jdi saya ingin mengikuti sbmptn dan utul(ujian tulis yg di adakan UGM).jadi gini kak, kalo misalkan saya lulus kedua-duanya itu gak apa ya kak? Atau saya hanya boleh mengikuti satu tes aja? Terima kasih kak..
    감사합니다 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  97. 안녕하세요 언니^^
    Aku dah jd kpopers 9th ,sekarang aku kelas 12,aku suka bgt yg berbau korea ,g hanya jd kpopers aku jg tertarik sama budaya, bahasa , bahkan aku bela"in belajar otodidak,lumayanlah bisa nulis bakor sama baca tp belum bisa terjemahin ㅠㅠ ,aku tertarik bgt sama bakor ,tp yg buat aku ragu itu selain izin orang tua ,aku orangnya introvert , aku jg tinggal di padang masih takut keluar kotaㅠㅠ mohon bantuan motivasinya kak, apa" aja yg harus aku persiapkan , oo iyaa boleh minta wa atau id line nya kak, mau tanya",siapa tau kalo aku jd ngambil jurusan ini aku mohon bantuannya, soalnya g ada yg aku kenal d yogyaㅠㅠ
    감사합니다🙏

    ReplyDelete
  98. 안녕 하세요!
    Saya kelas 12 tapi SMK, apa bisa masuk jurusan bahasa korea, kak? Terimakasih^^

    ReplyDelete
  99. Gimana nih kak D3 apa S1? Bingung pooolll

    ReplyDelete
  100. Kak.. Mau tanya dong.. Emang kalau mau masuk jurusan bakor harus bisa bahasa inggris dulu ya? Kata temen aku gitu

    ReplyDelete
  101. Kak.. Mau tanya dong.. Emang kalau mau masuk jurusan bakor harus bisa bahasa inggris dulu ya? Kata temen aku gitu

    ReplyDelete
  102. Wahhh kamsahamnida buat infonya eoni💗💗 semoga tahun depan aing bisa jadi hobaemu eon🙆

    ReplyDelete
  103. Kak anak smk bisa ga sih masuk ke situ :') aku pengen banget tapi masih ragu dan pesimis ggra aku dr smk ,,,

    ReplyDelete
  104. kak lulusan smk bisa masuk sastra korea ugm ga? pengen nyoba tapi bingung masuk lewat jalur apa :((

    ReplyDelete
  105. Kak klo ambil jurusan sastra inggris nanti mata kuliahnya bisa ambil bahasa korea,,iyakah???kamsahamnida eonni

    ReplyDelete
  106. Kak klo ambil jurusan sastra inggris nanti mata kuliahnya bisa ambil bahasa korea,,iyakah???kamsahamnida eonni

    ReplyDelete